INFO KESEHATAN

KESEHATAN : Obat Sakit Maag dan Nyeri Lambung Tradisional

Obat Sakit Maag dan Obat Nyeri Lambung Tradisional Herbal Alami. Penyebab sakit Maag atau nyeri lambung (Gratitis) adalah peradangan yang terjadipada selaput lendir lambung yang dapat bersifat akut atau kronis. Gejala sakit maag yang timbul bisa berupa nyeri ulu hati, rasa perih di lambung atas, mual dan muntah-muntah.

Jika anda terserang sakit maag atau nyeri lambung, tidak perlu khawatir. Karena banyak sekali tanaman obat tradisional di sekitar kita yang bisa digunakan sebagai obat sakit maag.

Berikut ini beberapa resep obat tradisional untuk sakit maag dan nyeri lambung.

A. Obat Sakit Maag
1. Daun Alpukat kering

- Bahan: Daun alpukat kering secukupnya, gula secukupnya dan segelas air panas.
- Cara pengobatan: Daun alpukat kering dirajang kecil-kecil. Kemudian ambil satu sendok teh rajangan daun alpukat tersebut danseduh dengan segelas air panas. Tambahkan gula secukupnya, aduk rata. Minum ramuan ini selagi hangat.

2. Akar Bunga Matahari

- Bahan: 30 gram akar bunga matahari, 10 gram adas, 10 gram biji ketumbar, 5 butir kapulaga, dan 500cc air.
- Cara pengobatan: Rebus semua bahan dalam 500cc air hingga tersisa 200cc saja. Kemudian minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan ini sekali sehari.

B. Obat Nyeri Lambung
- Bahan: 30-60 gram akar daruju kering dan 3 gelas air.
- Cara pengobatan: Rebus akar daruju kering dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Biarkan dingin, lalu minum airnya sekaligus.

C. Obat Maag Kronis
- Bahan: 15 gram tanaman jombang segar, 1 sendok makan arak beras, dan 3 gelas air.
- Cara pengobatan: Tanaman jombang dicuci bersih, kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Tambahkan satu sendok makan arak beras. Ramuan ini diminum 3 kali sehari masing-masing 1/3 gelas.

Itu dia resep tradisional untuk mengobati sakit maag dan nyeri lambung.

KESEHATAN : Buah-Buahan yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Sudah sejak lama manusia percaya bahwa buah-buahan adalah makanan yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Beberapa ada yang bisa dijadikan obat herbal. Salah satunya mencegah dehidrasi sebagai pengganti air. Nah berikut ini adalah 7 jenis buah-buahan terbaik untuk menjaga kesehatan kita.

1. Kiwi
Walau bentuknya kecil, namun manfaat kiwi begitu besar. Kiwi merupakan sumber potasium --mineral yang membantu turunkan tekanan darah dan bermanfaat bagi sistem saraf otonom yang mengontrol detak jantung, mengandung banyak vitamin E, magnesium serta serat. Menariknya, kandungan vitamin C di dalam kiwi dua kali lipat lebih besar daripada jeruk.

2. Apel
Walau kandungan vitamin C tidak terlalu tinggi, namun apel memiliki kadar antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan manfaat vitamin C. Hasilnya, risiko masalah usus, serangan jantung, kanker dan stroke menurun.

3. Stroberi
Stoberi memiliki kandungan antioksidan tertinggi daripada buah lainnya. Selain itu, buah yang rasanya sedikit asam ini dapat melindungi tubuh dari penyebab kanker dan penyumbatan pembuluh darah akibat radikal bebas.

4. Jeruk
Memakan dua hingga empat jeruk dalam sehari dapat membuat flu menjauh, menurunkan kolesterol dan mencegah serta melarutkan batu ginjal. Tak hanya itu, kebiasaan mengonsumsi jeruk juga mampu mengurangi risiko terkena kanker usus besar.

5. Semangka
Selain mengandung mineral hingga 92%, semangka juga memiliki kadar glutathione; penangkal radikal bebas, pengusir racun dan meningkatkan kekebalan tubuh. Semangka juga merupakan sumber utama likopen, antioksidan yang melawan kanker.

6. Jambu Biji
Buah ini memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Mengonsumsinya secara rutin dapat memperlancar sirkulasi darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker. Selain baik bagi kesehatan, jambu biji harganya relatif murah dibandingkan dengan buah-buah lain.

7. Pepaya
Pepaya termasuk salah satu makanan yang mengandung likopen, nutrisi yang diketahui sangat efektif dalam mencegah dan memberantas penyebaran sel-sel kanker. Pepaya juga memiliki kandungan lain yaitu sebagai sumber vitamin C, kalium dan asam folat yang membuatnya menjadi buah yang sangat menyehatkan.

Setelah Anda tahu bahwa jenis-jenis buah di atas sangat baik untuk kesehatan, tentunya Anda akan segera mengkonsumsinya.

KESEHATAN : 5 Obat Batuk Tradisional, Alami dan Ampuh

Nah, jika Anda terserang batuk, jangan buru-buru membeli obat yang mahal. Obat batuk tradisional banyak di sekitar kita tanpa kita sadari. Berikut ini 5 obat batuk alami yang ampuh untuk meredakan batuk dan tentunya aman dikonsumsi dibanding obat-obatan kimia.

1.Madu dan Lemon
Campuran madu serta lemon sudah dipercaya dari turun-temurun untuk menyembuhkan batuk. Anda dapat mencampur 1 sendok teh madu, 1-2 sendok teh sari lemon ke dalam segelas air hangat. Minum sehari minimal satu kali sampai batuk benar-benar pergi.

2. Teh Jahe
Di Asia, teh herbal, teh jahe, atau jenis teh lainnya sering dimanfaatkan untuk mengatasi batuk. Salah satu bahan yang ampuh mengobati batuk adalah jahe. Sediakan 2-3 irisan jahe yang telah dicuci bersih, seduh dalam teh hangat. Baik diminum dua hingga tiga kali sehari.

3. Kunyit, madu dan susu
Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

4. Madu dan Lada Putih
Coba minum satu sendok teh madu yang ditambah sedikit taburan lada putih 2-3 kali sehari. Dipercaya bahan ini dapat menyembuhkan batuk.

5. Daun Kemangi
Buat ramuan dengan menggunakan kemangi. Daun beraroma khas itu dapat mengatasi beberapa penyakit, termasuk batuk. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk lekas hilang.

Kelima macam obat batuk tradisional ini sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Bahkan beberapa diantaranya sering dijadikan sebagai bumbu dapur


♥ Semoga Bermanfaat ♥

♥ Semoga Bermanfaat ♥

Categories: Share

Leave a Reply